10 Hewan Tercepat Di Air

Ikan merupakan hewan yang hidup di air, mereka dapat bernafas di dalam air karena memilki alat pernapasan berupa insang yang menyaring oksigen dalam air untuk dialirkan melalui pembuluh darah keseluruh tubuhnya. diantara banyaknya jenis ikan di dunia ini terdapat beberapa ikan yang memilki kemampuan untuk berenang dengan sangat cepat, baik digunakan untuk berburu atau pun untuk menghindari pemangsa. Berikut beberapa ikan tercepat di dunia.

1. Sailfish
10 Hewan Tercepat Di AirSailfish memiliki nama Latin Istiophorus albicans atau Istiophorus platypterus merupakan ikan yang tersebar pada ratusan mil dari pantai, hal gtersebut menyebabkan para ahli sulit untuk mencari lokasi pastinya, untuk melakukan proses Tagging atau penomeran ataupun pengumpulan data. Tetapi diperkirakan kecepatan yang dimiliki Sailfish mencapai 110 km perjam. Sailfish dan Marlin masih dalam satu family, namun berbeda dengan Swordfish. Sailfish juga memiliki dua sirip bagian bawah yang lebih panjang.

2. Marlin
10 Hewan Tercepat Di Air
Terdapat 3 Jenis ikan Marlin, yaitu Marlin Hitam, Marlin Biru dan Marlin Putih. Meskipun begitu mereka masih termasuk kedalam family Broadbillfish dan Sailfish. Ikan Marlin ini tersebar di perairan Samudra Hindia dan Samudra Atlantik. Ikan Marlin memiliki ciri – ciri yaitu mulut yang runcing dan tajam seperti pedang. Ikan ini dapat mencapai berat lebih dari 500 kg, meskipun memiliki tubuh yang cukup besar tetapi ikan ini tergolong ikan yang sangat cepat dimana kecepatannya mencapai 80 km perjam

3. Wahoo
10 Hewan Tercepat Di Air
Salah satu ikan yang memiliki kecepatan tinggi lainnya ialah ikan Wahoo, ikan ini termasuk ikan pemangsa yang dapat hidup sendiri-sendiri maupun berkelompok, di Indonesia sendiri ikan ini lebih dikenal sengan sebutan ikan Tenggiri Laki. Mereka biasanya bermigrasi dari satu tempat ke tempat lainnya, Wahoo tidak memiliki tempat hidup yang tetap, tetapi mereka akan selalu bermigrasi di tempat-tempat yang dirasakan mudah bagi mereka untuk mendapakan makannan. Wahoo selalu memangsa ikan-ikan yang berukuran lebih kecil dari mereka.
Wahoo adalah ikan yang terkenal dengan kecepatnya, beberapa ahli perikanan memperkirakan kecepatan berenang Wahoo dapat mencapai 78 km perjam atau lebih. Hal ini disebabkan karena bentuk aerodynamic ikan ini  yang mengurangi faktor gesekan pada air, dalam kondisi mengejar mangsa atau dalam keadaan terancam, Wahoo dapat melipat sirip-siripnya untuk mencapai kecepatan lebih tinggi.

4. Tuna
10 Hewan Tercepat Di AirTuna, adalah ikan laut yang terdiri dari beberapa jemis dan termasuk kedalam family Scombridae. Ikan ini adalah perenang handal, dimana kecepatannya dapat mencapai 74 km perjam. Mereka dapat hidup di air yang lebih dingin. Ikan ini banyak dicari para nelayan untuk dijual atau dimakan sendiri, karena dagingnya yang sangat enak.

5. Tuna Biru
10 Hewan Tercepat Di Air
Ikan Tuna Biru masih satu family dengan ikan tuna lainnya. Tetapi ikan tuna biru ini sanggup menyelam sampai kedalaman 1.000 meter. Ikan ini tersebar di samudra Pacifik dan samudra Atlantik, juga dapat ditemui di perairan Mediterania.Tuna biru ini memiliki kecepatan yang tinggi yaitu mencapai kecepatan 70 km perjam. 

6. Hiu Biru 
10 Hewan Tercepat Di AirHiu ini dapat ditemukan dalam gerombolan yang terorganisasi, sehingga mereka dijuluki sebagai “Serigala Lautan". Hiu ini dapat ditemukan di seluruh dunia di daerah perairan dalam. Hiu ini diketahui sering menyerang kapal nelayan dan penyelam. Kecepatan hiu satu ini mencapai 69 km perjam dan menjadi salah satu ikan hiu paling cepat. 


7. Bonefish 
10 Hewan Tercepat Di Air
Di Indonesia ikan ini lebih dikenal dengan nama bandeng curut atau bandeng tikus. Bonefish yang memiliki nama latin Albula vulpes merupakan spesies perenang cepat yang sangat tangguh, kecepatan berenangnya mencapai 64 km perjam. Ikan ini hidup di perairan dangkal di pinggir pantai atau dekat hulu sungai, di Indonesia sendiri ikan ini lebih sering ditemui di Indonesia bagian timur.

8. Swordfish atau Ikan Pedang
10 Hewan Tercepat Di Air
Ikan swordfish memiliki nama latin xiphias gladius, panjang tubuhnya dapat mencapai 4 m dengan kecepatan mencapai 64 km perjam dan menjadi salah satu ikan tercepat. Di beberapa negara ikan swordfish ini memiliki nama Broadbill, kegunaan pedang yang terdapat di ujung mulutnya adalah sebagai salah satu alat pertahanan yang mematikan terutama bagi musuhnya seperti ikan hiu. Ikan pedang termasuk ikan predator yang mana makanan utamanya adalah ikan kecil seperti ikan Teri dan ikan Makarel, tetapi selain itu ikan ini juga menyukai jenis cumi cumi yang tinggal di dasar perairan.

9.Barakuda
10 Hewan Tercepat Di AirBarakuda adalah ikan yang dikenal berwujud menyeramkan dan tubuhnya berukuran besar, tubuhnya panjang dan ditutupi oleh sisik yang halus. Ikan ini dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Barakuda cukup berbahaya bagi penyelam karena sering menyerang. Sebelum menyerang, ikan Barakuda akan berdiam diri pada jarak yang cukup jauh, kemudian menyerang dengan kecepatan yang tinggi. ikan Barakuda tertarik pada barang-barang yang berkilau, itulah mengapa bagi para penyelam disarankan untuk tidak membawa atau memakai barang-barang yang berkilau. Ikan ini merupakan ikan air asin yg sudah dikenal karena akselerasi berenangnya yang sangat cepat, ia dapat berenang dengan kecepatan 58 km perjam. 

10. Ikan Terbang

10 Hewan Tercepat Di Air
Ikan Terbang atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Exocoetidae adalah familia ikan laut yang terdiri atas sekitar 50 spesies. Ikan terbang ditemukan di semua samudra, terutama di perairan tropis dan subtropis. Ciri-ciri utamanya yang paling menonjol dari ikan ini adalah sirip dadanya yang besar, yang memungkinkan ikan ini meluncur terbang di atas permukaan air, untuk melarikan diri dari pemangsa. Saat meluncur atau terbang jarak yang ditempuh dapat mencapai 50 m hingga 400 m. Kecepatan berenang ikan ini cukup tinggi yaitu mencapai kecepatan 56 kilometer perjam.

Post a Comment